Apa Itu Penyakit Plasenta Previa ?

Penyakit Plasenta Previa
www.hellosehat.com

Sebagai wanita, berada pada masa hamil tentu merupakan masa yang menyenangkan dan menegangkan. Terutama ketika kehamilan itu adalah terjadi pertama kali. Ada banyak persiapan yang dilakukan tidak hanya secara fisik tetapi juga dari banyaknya pengetahuan yang harus diserap. Ibu hamil harus tahu apa saja pantangan dan anjuran yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilannya tetap lancar hingga melahirkan. Tak jarang ibu-ibu hamil muda yang terjebak pada perasaan khawatir dan cemas berlebihan jika terjadi kendala pada masa hamil. Salah satunya adalah pada kondisi Plasenta Previa.

Pernahkah anda mendengar tentang Plasenta Previa? Pengertian Plasenta Previa ini yaitu kondisi plasenta yang normalnya harusnya berada di sisi atas rahim. Tetapi yang terjadi malah menutupi seluruh atau sebagian mulut rahim. Padahal seperti yang kita tahu bahwa mulut rahim sendiri memiliki fungsi sebagai jalan lahir untuk si kecil ketika proses persalinan nanti.

Plasenta Previa sendiri merupakan bentuk komplikasi yang mengakibatkan pendarahan pada ibu hamil. Mereka yang mengalami kondisi tersebut sebenarnya tetap bisa beraktivitas sehari-hari seperti biasanya. Asalkan tidak mengeluarkan tenaga secara berlebihan, kondisi ini tetap dibilang aman.

Setidaknya, ibu hamil harus bisa menjaga kondisi tubuhnya agar tidak mengalami kontraksi. Sebab jika terjadi kontraksi maka artinya ada plasenta yang ikut keluar ketika mengalami pendarahan. Setelah mengetahui pengertian plasenta previa, ada beberapa jenis plasenta previa yang harus Anda ketahui, seperti :

Jenis-jenis Plasenta Previa

1. Plasenta Previa Totalis
Jenis plasenta previa yang pertama adalah Plasenta Previa Totalis. Jenis yang satu ini merupakan kondisi dimana jalan lahir bayi akan seluruhnya ditutupi oleh plasenta. Dari tertutupnya jalan ahir ini secara total akan menyebabkan bayi tidak mungkin lahir lewat vagina karena memang selama proses kemungkinan akan mengalami pendarahan yang cukup hebat.

2. Plasenta Previa Partialis
Jenis kedua, Plasenta Previa Partialis adalah kondisi yang berbeda dengan jenis sebelumnya. Jenis ini hampir menutupi sebagian atau separuh jalan lahir. Ada kemungkinan membuat bayi sulit untuk dilahirkan. Untuk mengatasi kondisi ini, bayi tidak bisa dilahirkan secara normal. Sebab, risiko pendarahannya terbilang cukup besar.

3. Plasenta Previa Marginalis
Plasenta Previa Marginalis memang tidak menutupi jalan lahir saat terjaadi proses persalinan. Hal ini dikarenakan yang terututp hanyalah bagian tepi di dalam jalan lahir saja. Ketika si kecil dilahirkan juga bisa terjadi secara normal. Tetapi, tetap ada risiko pendarahan yang kemungkinannya juga cukup besar.

4. Low-lying Plasenta
Tidak hanya pendarahan saja, tetapi Plasenta Previa ini juga bisa ditandai dengan perut yang nyeri. Jenis yang keempat ini biasanya terletak redah karena hanya berjarak beberapa centimeter atau milimeter saja dari jalan lahir. Meski keadaannya terlihat tak mengkhawatirkan seperti jenis lainnya tetapi dokter juga harus berjaga-jaga untuk bisa melakukan transfusi ketika terjadi pendarahan. Bayi tetap bisa dilahirkan melalui vagina dengan normal.

Dari beberapa pengertian Plasenta Previa sesuai jenisnya ini, sebagai ibu hamil harusnya juga bisa mengetahui apa penyebab yang bisa dihindari. Jalan kelahiran si kecil ketiak terhambat tentu terdengar menyeramkan. Faktor pemicu ibu hamil yang berisiko mengalami kondisi ini adalah pernah mengalami operasi pada rahim seperti pengangkatan miom atau kuretasi.

Bisa juga karena usia Ibu lebih dari 35 tahun terutama jika sudah pernah melahirkan sebanyak tiga kali. Di kehamilan sebelumnya pernah menjalani operasi caesar. Sebab, seringnya menjalani operasi caesar maka kemungkinan besar mengalami Plasenta Previa. Maka dari itu, berkonsultasi kepada dokter tentu sangat dianjurkan bagi ibu hamil terutama pemeriksaan dengan USG. Selain mendapat kejelasan tentang keadaan kesehatan si kecil, Ibu juga merasa lebih tenang.

Sumber :
www.popmama.com
www.hellosehat.com

0 Response to "Apa Itu Penyakit Plasenta Previa ?"

Post a Comment