5 Sayuran Ini Tidak Tahan Lama dalam Kulkas

Selain ayam, daging, dan bahan makanan kering, beberapa orang pilih menyimpan sayuran untuk persediaan ramadan. Namun pastikan tidak membeli 5 sayuran ini terlalu banyak.

Asupan sayuran saat bulan puasa perlu diperhatikan. Tubuh tetap membutuhkan berbagai nutrisi dari sayuran agar tetap fit menjalankan ibadah. Nah, sebelum belanja stok sayur untuk ramadan, pastikan tidak membeli 5 sayuran ini terlalu banyak karena tidak bisa bertahan lebih dari 3 hari di kulkas.


Tauge salah satu sayuran yang tidak tahan lama dalam kulkas
Tauge salah satu sayuran yang tidak tahan lama dalam kulkas

1. Tauge
Sayuran yang renyah segar ini banyak disukai sebagai tumisan. Sayangnya tauge cepat layu sehingga tidak bisa bertahan lama terlebih di suhu ruangan. Beli tauge secukupnya saja, untuk perkiraan menu 1-2 hari. Buat tumis tauge bervariasi dengan tambahan tahu hingga ikan asin jambal roti.

Untuk mempertahankan tauge dalam waktu singkat, bersihkan dulu lapisan kulit kacang hijau di kepala dan ekornya yang berwarna hitam. Setelah itu masukkan tauge ke wadah berisi tisu dapur lalu tutup rapat. Simpan wadah di bagian belakang atau atas kulkas yang tak terlalu dingin.

2. Jamur
Jamur juga tergolong cepat menguning dan busuk. Karenanya jamur paling baik langsung diolah setelah dibeli. Olahan jamur bervariasi seperti dijadikan tumisan, sup, atau digoreng tepung.

Untuk menyimpan jamur yang lebih awet, hindari mencuci jamur. Ini karena tingkat kelembapannya tinggi dan tidak bersahabat dengan air. Sebaiknya bersihkan jamur dengan tisu saja. Bisa juga hilangkan bercak-bercak jamur dengan mengirisnya pakai pisau. Selanjutnya jamur bisa dibalut tisu dapur kering lalu simpan di bagian rak bawah kulkas.

3. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memang jadi favorit seluruh anggota keluarga, apalagi untuk menu sahur dan buka puasa. Sayangnya sayuran hijau berdaun ini kualitasnya mudah rusak. Paling bagus mengolah bayam atau kangkung usai dibeli.

Untuk penyimpanan, sayuran hijau tak boleh terkena air. Meski begitu, Anda bisa menyimpannya di kulkas hingga bertahan setidaknya 3 hari. Caranya balut sayuran hijau dengan kertas lalu masukkan ke rak kulkas paling bawah. Lapisi juga bagian dasarnya dengan tisu dapur untuk menampung sisa-sisa air.

4. Kol
Yang juga cepat busuk saat disimpan adalah kol. Sayuran ini tidak tahan lama dan lebih baik disimpan di luar kulkas. Namun kalau mau menyimpannya di kulkas, kol paling lama bertahan sekitar 2-3 hari.

Menyimpan kol di kulkas juga sebenarnya bukan ide bagus sebab kol mengeluarkan aroma tajam. Aroma ini bisa mengganggu rasa dan kualitas makanan lain dalam kulkas.

5. Bawang merah dan bawang putih
Dua bumbu dapur ini jadi bahan penting dalam banyak masakan. Tak heran banyak orang menyimpan bawang merah dan bawang putih dalam jumlah banyak sebagai stok. Dua jenis bawang ini disarankan disimpan di luar kulkas.

Kalau di simpan dalam kulkas, suhu dingin dan lembapnya justru akan membuat bawang merah dan bawang putih cepat busuk. Selain itu bawang akan mengeluarkan bau tidak sedap yang merusak kualitas makanan di kulkas lainnya.

0 Response to "5 Sayuran Ini Tidak Tahan Lama dalam Kulkas"

Post a Comment